PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19

Nunung - Supriadi, Destyanisa Tazkiyah, Zuyinatul Isro

Abstract


ABSTRAK

 

Kegiatan belajar secara daring mulai ditetapkan pemerintah sejak bulan Maret 2020 karena adanya virus Covid-19 yang menyerang dunia. Kebijakan ini dilakukan pemerintah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Dengan adanya kebijakan tersebut maka terdapat perubahan metode dalam penyampaian materi yang harus digunakan oleh para pengajar. Pembelajaran dengan menggunakan teknologi saat ini melalui daring selaras dengan penggunaan E-Learning pada era 4.0. Pada penerapan pembelajaran secara daring ini masih mengalami kendala terutama pada antusias mahasiswa untuk belajar mengalami penurunan. Untuk mengatasi kendala ini, salah satu cara yang menarik dan menumbuhkan semangat mahasiswa pembelajaran yang dilakukan yaitu menggunakan aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz ini merupakan media pembelajaran online (E-Learning) yang memiliki fitur game, kuis, diskusi, dan survei. Penelitian ini mengkaji tentang aplikasi Quizizz yang memiliki manfaat sebagai media pembelajaran yang efektif guna meningkatkan penguasaan dan motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Mandarin secara daring dengan tidak menghilangkan kearifan lokal Banyumas. Peneliti bermaksud mendesain kuis dengan menerapkan ke sekolah-sekolah di Purwokerto yang memiliki pelajaran bahasa Mandarin. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan penilaian kuis pada aplikasi Quizizz. Hasil penelitian pembelajaran Quizizz proses pembelajaran menjadi mudah, menyenangkan dan bisa membantu siswa untuk memahami bahasa Mandarin. Selain itu, pembelajaran dengan menerapkan teknik bermain menggunakan aplikasi Quizizz sangat tepat bagi pembelajar pemula bahasa Mandarin.


References


Daftar Pustaka

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Darmaningrat, Eko Wahyu. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Quizizz Untuk Pembelajaran Pengayaan di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Sesindo : Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Kabalmay. 2002. Designing Qualitative Research. London: Sage Publication.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Ekonomi Dan Pendidikan, Volume 8 N, 19–35.

Purba, Leony Sanga. 2019. Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. Vol.12 No.1, 29-39.

Roriarti, Fitri & Anisa Yunita. 2017. TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform “Quizizz!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. Pendagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3 No.b.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.

Sutirna. (2018). Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Stabilitas Nasional. Seminar Nasional Semnas Ristek. (pp. 269–276).

Suo Yan Mei. 2018. Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. Journal of Social Science Education and Research, 208-212.




DOI: http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101.g62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL CAKRAWALA MANDARIN 2017,

Alamat Redaksi:
Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal
Komp. Maha Vihara Duta Maitreya, Bukit Beruntung, Sungai Panas,
Batam 29456, Indonesia.

Tlp. +62778473399 - hermanuvers72@gmail.com 

E-ISSN 2579-4906