Studi Komparatif Aplikasi Streaming Musik 网易云音乐 Dan Spotify Music: Perspektif Sosiologi Budaya
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan berbagai dampak khususnya dalam bidang sosial budaya. Internet merupakan penemuan baru yang mempengaruhi cara manusia berinteraksi di masa sekarang. Bahkan manusia tidak bisa terlepas dari budaya media tersebut, termasuk mendengarkan musik. Spotify Music yang merupakan buatan Swedia dan 网易云音乐 Wǎngyì yún yīnyuè yang merupakan buatan China hadir sebagai aplikasi streaming musik yang memungkinkan penggunanya melakukan interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif deskriptif dan interpretatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi partisipasi dan juga studi literatur. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten/isi dan kemudian dikaitkan dengan teori interaksi simbolik. Hasil analisis menyimpulkan
bahwa 网易云音乐 Wǎngyì yún yīnyuè dibandingkan dengan Spotify Music memiliki fitur yang lebih lengkap yang dapat mendukung terjadinya interaksi sosial antar penggunanya. Dalam perspektif sosiologi budaya, 网易云音乐 Wǎngyì yún yīnyuè dan Spotify Music yang merupakan wujud modernitas dari representasi budaya, sehingga batasan antar kelas dan suku mulai pudar,
semua masyarakat dapat menggunakan aplikasi streaming musik tersebut.
Kata Kunci : Streaming Musik, Sosiologi Budaya, Budaya Media
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, Dadi. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. MediaTor, 9(2), 301-3015,:https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1115/0
Crunchbase. 2022. Zhu Yiwen. Diakses pada 27 Juni 2022, dari https://www.crunchbase.com/person/zhu-yiwen
H. Zhang, J. Nie and Z. Ruan, "The Users Emotional Study of Netease Cloud Music Based on LDA Model," 2019 4th International Conference on Cloud Computing and Internet of Things (CCIOT), 2019, pp. 20-23, doi: 10.1109/CCIOT48581.2019.8980348, :https://www.researchgate.net/publication/339095377_The_Users_Emotional_Study_of_Netease_Cloud_Music_Based_on_LDA_Model
Karyono, Z., Mursityo, Y., & Az-Zahra, H. (2019). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Music Streaming Menggunakan Metode UX Curve (Studi Pada Spotify
dan JOOX). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6422-6429, :https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5721
Kellner, Douglas. (2010). Budaya Media.Yogyakarta: Jalasutra.
Maryati, K., & Suryawati, J. (2016). Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013.Jakarta: Penerbit Erlangga
Noviani, D., Pratiwi, R., Silvianadewi, S., Alexandri, M. B., & Hakim, M. A. (2020). Pengaruh Streaming Musik Terhadap Industri Musik di Indonesia. Jurnal Bisnis STRATEGI, 29(1), 14-25, :https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/29942/18427
Purwasih, J. H. G., Kusmantoro, S. M., & Janah, Y. U. (2015). Sosiologi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Klaten: Intan Pariwara.
Sebayang, Vanesia Amelia. (2018). SEMINAR NASIONAL Agama, Adat, Seni, Dan Sejarah Di Zaman Milenial. Aplikasi Streaming Musik bagi Generasi Milenial Indonesia dalam Perspektif Budaya Populer. Denpasar. 5 Juli, :https://press.unhi.ac.id/seminar-nasional-agama-adat-seni-dan-sejarah-di-jaman-milenial/
DOI: http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v6i2.197
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v6i2.197.g98
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi: Tlp. +62778473399 - hermanuvers72@gmail.com E-ISSN 2579-4906 |